Pemain Papua Aniaya Wasit

Teguh Caesar (tengah), wasit korban penganiayaan pemain dan suporter Papua, di UGD RS Siloam, Surabaya
SURABAYA - Kerusuhan terjadi dalam Pra-PON 2012 Cabang Olahraga Basket Wilayah C.  Itu terjadi saat tim putra Papua versus Sulawesi Utara di GOR Kertajaya, Surabaya, tadi malam (21/7). Belasan  pemain dan suporter tim Papua nekat menghajar wasit usai timya menelan kekalahan. Korban penganiayaan paling parah adalah wasit Teguh Caesar.

Hingga tadi malam pukul 21.30 WIB, wasit berlisensi A tersebut masih dirawat secara intensif di Unit Gawat Darurat (UGD) RS Siloam Surabaya. Teguh mengalami trauma berat akibat pemukulan di sekujur tubuhnya. Nah, ketika coba ditanyai oleh Jawa Pos semalam, Teguh terlihat mengalami depresi. "Seharusnya saya lari ketika didekati. Saya tak menyangka akan mengalami kejadian seperti ini. Badan saya sakit semua Mas," kata Teguh lirih.  Walau begitu, Teguh enggan secara rinci menceritakan detail kejadian. Dia mengaku masih terpukul dan depresi berat

Seingat Teguh, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Pasca tim putra Papua menelan kekalahan dengan skor 50-70 atas Sulut, beberapa pemain Papua mendekatinya. Teguh mengira jika para pemain tersebut akan mendatanginya dan bersalaman.

Ternyata, perkiraan Teguh salah. Salah satu pemain Papua ternyata melayangkan bogem mentah ke arahnya. "Awalnya hanya satu pemain yang memukul saya. Tetapi tiba-tiba seluruh pemain, ofisial dan penonton ikut memukuli saya," ucap Teguh.

Mendapat pukulan bertubi-tubi Teguh mencoba lari ke luar GOR. Rupanya pemain, suporter, dan ofisial tetap mengejar Teguh. Beberapa panitia berusaha melerai. Karena kalap, para pengeroyok malah memukuli panitia yang ingin melerai. Pemukulan baru berakhir ketika panitia dalam jumlah besar menghentikan pengeroyokan.

Menurut salah satu saksi, kejadian tersebut terjadi karena pihak panpel kurang tanggap dalam menghadapi situasi. Dalam pertandingan kemarin memang tak terlihat satu pun aparat keamanan yang berjaga di dalam maupun luar GOR.

Di sisi lain, wasit lain yang memimpin pertandingan yakni Amin Bachtiar berhasil melarikan diri dari kejaran massa. "Saya sampai lari ke kantor Pengprov (Perbasi Jatim). Kejadiannya sangat cepat Mas. Saya shock," ucapnya saat di temui di UGD RS Siloam semalam.

Sedangkan satu wasit lain yang bertugas Dwi Cahyo Kartiko mengatakan tidak tahu persis kejadiannya. "Saya kira awalnya tidak terjadi apa-apa. Wong saya bericara dengan pelatih Papua di tengah lapangan usai pertandingan kok," tandasnya.

Koordinator Wasit Pra-PON 2012 Wilayah C Edy Suprayitno mengatakan kejadian ini disebabkan masalah yang sepele. Yakni protes pemain Papua terkait salah satu keputusan wasit yang menyatakan bola tidak back ball. Pemain dan suporter merasa keputusan itu salah. Hal inilah yang memicu pemukulan.  

Edy sangat menyesal dengan adanya kejadian tersebut. "Bayangkan keamanan tidak ada. Idealnya, aparat kepolisian menjaga di sekitar lokasi pertandingan. Ternyata hanya keamanan biasa. Dan itu sangat tak mencukupi," tutur Edy.

Sementara itu, sub bidang perwasitan PB Perbasi Abdul Rozak belum bisa memberikan keputusan apapun terkait dengan pemukulan tersebut. "Karena (kejadian ini) terjadi setelah pertandingan maka akan masuk ke ranah hukum. Sedang untuk ofisial atau tim Papua kami belum memutuskan. Tetapi yang pasti harus sesuai dengan rule of the game yang berlaku. Kami masih akan rapat," tuturnya.

Sementara itu Anggota Bidang SDM PB Perbasi Nandang Roekanda mengatakan bahwa dirinya tidak tahu menahu mengenai kejadian ini. "Saya masih di Bandung. Saya belum menerima laporan sama sekali dari panitia Pra-PON wilayah C," tandasnya.

Di sisi lain Ketua Panpel Budiono Tjandra belum bersedia berkomentar banyak soal kejadian kemarin. Budi, panggilannya, memang sempat terkena pukulan suporter dan pemian saat hendak melindungi Teguh. "Ini sudah selesai Mas. Sekarang sedang di rapatkan," tandasnya.

Di sisi lain offisial dan pelatih Papua juga pelit komentar. Sekretaris Pengprov Perbasi Papua Jan Aragae mengatakan tidak bisa berbicara banyak. "Saya baru membriefing anak-anak," kata singkat (sumber : http://www.jpnn.com)

Akhirnya Yao Ming Pensiun

HOUSTON, Kompas.com - Bintang basket NBA asal China, Yao Ming, menyatakan kepada klubnya Houston Rockets dan NBA bahwa ia telah memutuskan untuk mengundurkan diri dari kompetisi basket paling bergengsi itu. Demikian ditulis beberapa media di AS, Sabtu (9/7/11).
The Houston Cronicle, ESPN dan Sports Illustrated melaporkan, Yao yang mempunyai tinggi badan 2,25 meter itu sudah tidak berminat lagi kembali ke dunia basket. Cedera jadi alasan utama, yang membuatnya hanya bisa tampil di lima pertandingan dalam dua musim terakhir.
The Cronicle juga melaporkan bahwa Yao bulan lalu juga sudah memberitahu Rockets bahwa ia tidak akan kembali setelah delapan musim membela klut tersebut.
Tidak ada konfirmasi langsung dari Rocket atau pun NBA mengenai status pemain berusia 30 tahun itu. Berkat Yao, olahraga basket bertambah populer di dunia.
Agen Yao di China mengatakan kepada wartawan bahwa Yao akan memberikan pengumuman di kota asalnya Shanghai pada 20 Juli mendatang. Akibatnya, beredar banyak spekulasi di media China bahwa Yao akan mengumumkan secara resmi pengunduran dirinya.
"Saya tidak membantah laporan tersebut, saya hanya mengatakan bahwa Yao Ming belum mengumumkan rencana pengunduran dirinya," kata Zhang Mingji, agen Yao seperti dikutip AFP.
"Pada 20 Juli, kami akan menggelar jumpa pers di Shanghai untuk membicarakan rencana masa datang Yao," katanya.
Yao melakukan debut bersama Rockets pada 2002. Sebelumnya dia berkiprah sebagai pemain tim nasional China dan klub Shanghai Shark.
Meski bukan sebagai pemain pertama yang berkiprah di NBA, kepribadiannya menarik banyak sponsor yang ingin memanfaatkan popularitasnya untuk mengeruk keuntungan di pasar China yang potensial, serta pasar Asia.
Selain memiliki tubuh dengan postur menjulang, Yao juga mempunyai kemampuan teknik yang membuatnya menjadi salah satu andalan Rockets. Yao mempunyai kemampuan mencetak angka yang ditunjang oleh gerakan yang cepat, membuatnya sering merepotkan pemain terbaik NBA, termasuk pemain legendaris NBA Shaquille O’Neal yang sudah menyatakan mundur bulan lalu.
"Anda adalah salah satu pemain terbaik yang datang dari China, salah satu pemain terbaik pada masanya. Saya merasa kehilangan Anda, saudara. Selamat menikmati masa pensiun dan istirahat," kata O’Neal dalam akun Twitter-nya.
Tracy McGrady, mantan rekan satu tim Yao di Rockets, juga menyampaikan pesannya melalui Twitter.
"Ayo bergabung bersama saya untuk memberikan penghormatan kepada Yao Ming. Saya berharap Yao sukses dalam perjalanan hidupnya," kata McGrady.
Karier Yao bersama Rockets telah diganggu oleh cedera yang dialaminya, dan terakhir adalah cedera retak kaki kiri pada 10 November lalu saat menghadapi Washington. Ternyata, itu adalah pertandingan terakhirnya.
Tampil dalam total 486 pertandingan, Yao rata-rata menyumbang 19 angka, 9,3 rebound, 1,9 blok dan 1,6 assist.
Akibat patah tulang kaki kiri, Yao terpaksa menerima kenyataan pahit, yaitu tidak bisa tampil di sepanjang musim kompetisi 2009-2010 dan musim lalu hanya tampil sebanyak lima kali.
Berkat dukungan ratusan juta penggemar basket di China, Yao terpilih sebagai pemain inti NBA All-Star sebanyak delapan kali. Pertandinganya di NBA pada 2007 menghadapi rekan senegara Yi Jianlian ditonton lebih dari 200 juta orang melalui layar televisi di China.
Leslie Alexander, pemilik Rockets, serta manajer umum Daryl Morey mengatakan bahwa mereka siap untuk mengontrak Yao kembali jika pemain tersebut sudah pulih dari cedera.
Yao juga sudah menjadi jembatan untuk mempersempit jurang budaya di NBA karena banyak rekan-rekan satu tim maupun pemain lawan yang menghargai Yao karena etos kerja dan ketekunannya untuk belajar bahasa Inggris.

Nate Robinson Akan Datang ke Indonesia

Jakarta - Nate Robinson yang sekarang membela Oklahoma City Thunder dan satu-satunya juara Slam Dunk tiga kali akan datang ke Indonesia pada tanggal 23-26 Juli 2011 dan akan berada di Jakarta dan Surabaya bersama DBL Indonesia.

Pemain yang berpostur mungil (175 cm) ini merupakan atlet multi talented sejak SMA dia sudah bergabung di tiga cabang olahraga yaitu juara basket, jagoan American Football dan pemegang rekor lari gawang 110 meter.

Jadi bersiap-siaplah akan kedatangan bintang NBA ini, dan siapa lagi yang akan datang ke Indonesia ?? kita tunggu kabar berikutnya. (sumber : Indopos)



Langsung Tetapkan 12 Nama Daftar Pemain 1st SEABA U-16

Semarang - Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Basket seluruh Indonesia (Perbasi) menetapkan 12 nama yang akan berlaga pada 1st SEABA U-16 Championship for Men, 9-13 Agustus di Selangor, Malaysia. Surat pemanggilan dibuat pada Rabu (13/7) yang ditujukan ke masing-masing Pengprov asal pemain.
“Kita akhirnya menetapkan 12 nama berdasarkan masukan dari Pimpinan Proyek Timnas U-16 dan tim seleksi. Kualitas mereka menjanjikan, namun tetap perlu dipoles dan ditajamkan pada pemusatan latihan terpusat di GOR Knights, Semarang mulai 25 Juli ini,” ungkap Agus Antares Mauro, sekretaris jendral PP Perbasi, Rabu (13/7).
Hasil seleksi 4-6 Juli di Semarang, terjaring 24 nama terbaik. PP Perbasi sudah mendaftarkan 24 nama itu ke SEABA. Rencananya akan diambil 15 nama. Namun dengan berbagai pertimbangan, akhirnya PP Perbasi menetapkan 12 nama langsung.
“Setelah berdiskusi panjang, kami menetapkan 12 nama ini. Mereka akan menjalani pemusatan latihan di Semarang hingga menjelang keberangkatan. Untuk itu, kami memberi mereka kesempatan untuk mempersiapkan dokumen perjalanan seperti paspor bagi yang belum memilikinya,” ungkap Danny Kosasih, ketua Pimpro. Dari 12 nama itu, Pengprov Perbasi Jawa Barat mengirimkan lima pebasketnya, diikuti Jawa Tengah 2, DKI Jakarta 1, Banten 1, DI Yogyakarta 1, Jawa Timur 1, dan Bali 1. ”Mereka kami pilih sesuai kebutuhan tim,” ungkap Arifin, salah satu panitia seleksi.
Timnas akan dilatih oleh pelatih muda asal Bandung Ricky Gunawan. Timnas U-16 akan dimanajeri pengusaha asal Semarang, Subekti dengan asisten manajer Kresna Yusuf. ”Walaupun persiapan pendek, kami ingin memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Target kami adalah menempati dua peringkat teratas,” ungkap Subekti. Dua teratas dari turnamen 1st SEABA U-16 Championship for Men, akan mewakili zona SEABA ke turnamen FIBA Asia U-16 Championship for Men di Vietnam, Oktober nanti. ”Kita akan berusaha keras lolos ke Vietnam,” imbuh Subekti.
Selamat berlatih!

Daftar Pemain Terpilih
  1.     Cakrawala Satria Airawan (DKI Jakarta/klub Indonesia Muda Jakarta/SMA Negeri 3 Jakarta)
  2.     Ferdian Dwi Purwoko (Banten/klub Putera Banten/SMA Islamic Village Banten)
  3.     Hans Abraham (Jawa Barat/klub Satria Muda/SMA 1 PSKD Jakarta)
  4.     Juan Laurent Kokodiputra (Jawa Barat/klub Samudra/SMA Trinitas Bandung)
  5.     Kennard (Jawa Barat/klub Champ/SMA Waringin Bandung)
  6.     M. Sandy Ibrahim Azis (Jawa Barat/klub Satria Muda/SMA 1 PSKD Jakarta)
  7.     M. Reza Fahdani G. (Jawa Barat/klub Metro/SMA Negeri 9 Bandung)
  8.     Kevin Andrew Setiawan (Jawa Tengah/klub Sehati/SMA Karangturi Semarang)
  9.     Nuke Tri Saputra (Jawa Tengah/klub Kusuma Jaya Pati/SMA Negeri 14 Semarang)
  10.     Dominico Savio Rajendra Perdana (DI Yogyakarta/klub Garuda Mataram/SMA Karangturi Semarang)
  11.     Vincent Rivaldi Kosasih (Jawa Timur/klub Satria Muda/BPK Penabur Surabaya)
  12.     Ricky Kartika Istiadi (Bali/klub Merpati Bali/SMA Negeri 1 Denpasar)

Data Lengkap Pemain Seleksi Timnas SEABA U-16 Seleksi Timnas SEABA U-16

POSISI 1
  1. Elvis Mail Dacosta, Jkt 28-09-95, 171 cm/61 kg, DKI
  2. Rodmundus Ottu Ray, Jkt 27-06-95, 171 cm/59 kg, DKI
  3. Ricky Kartika Istiadi, Dps 05-06-95, 173 cm/70 kg, Bali
  4. Dominico Savio Rajendra Perdana P, Yogya 12-09-95, 168 cm/58 kg, DIY
  5. Bahaduri Azka Zuhairi, Madiun 05-07-95, 169 cm/65 kg, Jabar
POSISI 2
  1. Cakrawala Satria Airawan, Jkt 13-06-96, 165 cm/65 kg, DKI
  2. Liem Indra Wijaya, Smg 22-08-95, 175 cm/61 kg, Jateng
  3. Gouw Kevin Andrew Setiawan, Smg 25-10-95, 172 cm/66 kg, Jateng
  4. Hans Abraham, Bdg 24-02-95, 179 cm/69 kg, Jabar
  5. Rafael Yoga, Bdg 11-07-95, 172 cm/76 kg, Jabar
  6. Poa Evan Purnomo, Smg 27-05-95, 173 cm/74 kg, Jateng
POSISI 3
  1. Muhammad Sandy, Bdg 03-07-96, 184 cm/67 kg, Jabar
  2. Faisal Firdaus, Smg 11-01-95, 174 cm/70 kg, Jateng
  3. Nuke Tri Saputra, Kudus 03-01-95, 174 cm/64 kg, Jateng
  4. Felix Janchen, Dumai 24-01-95, 176 cm/69 kg, Riau
  5. Kevin Anugerah Goutama, Smg 06-11-95, 173 cm/74 kg, Jateng
  6. Kennard, Bdg 11-02-95, 182 cm/82 kg, Jabar
POSISI 4
  1. Juan Laurent Kokodiputra, Bdg 15-07-95, 193 cm/80 kg, Jabar
  2. Muhammad Reza Fahdan, Bdg 24-01-96, 185 cm/68 kg, Jabar
  3. Muhammad Fikri Dwi Putera, Jkt 24-09-95, 178 cm/84 kg, DKI
  4. Muhammad Haviz G, Jkt 18-05-96, 182 cm/75 kg, DKI
POSISI 5
  1. Vincent Devilto W, Medan 09-02-95, 189 cm/84 kg, Dumai
  2. Vincent Rivaldi Kosasih, Madiun 17-06-96, 198 cm/84 kg, Jatim
  3. Ferdia Dwi Purwoko, Jkt 27-03-95, 185 cm/90 kg, Banten

24 Pemain Akhirnya Terpilih Seleksi Timnas SEABA U-16

SEMARANG -Setelah melalui serangkaian tes seleksi yang ketat, akhirnya terpilih 24 pebasket yang akan didaftarkan ke Southeast Asia Basketball Association (SEABA), sebagai persiapan menghadapi kejuaraan basket U-16 tingkat Asia Tenggara 9-13 Agustus 2011 di Banting, Selangor, Malaysia.

Seleksi dua hari di Knight Stadium Semarang tersebut total diikuti 52 peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. ''Semuanya baik, namun kami harus memilih yang terbaik guna dipersiapkan menuju kejuaraan di Malaysia nantinya. Bagi yang lolos tentunya ini menjadi kebanggan tersendiri,'' ujar Arifin, ketua panitia pelaksana, usai pengumuman pemain lolos, kemarin sore.

Selanjutnya 24 pemain tersebut akan menjalani training center di Knight Stadium. Namun untuk waktunya belum ditentukan. Menurut Arifian, ada dua alternatif yakni pada 20 Juli atau 26 Juli.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, pimpinan proyek seleksi Danny Kosasih mengatakan, jika sebelumnya jumlah pemain lolos akan dirampingkan menjadi 15 pemain, kini akan langsung dipilih 12 pemain untuk mengikuti kejuaraan tersebut.

''Kami optimistis dengan materi yang kami miliki kami dapat meraih target menjadi juara kedua dan lolos ke FIBA Asia Championship. Saingan terberat kami adalah Filipina,'' tandasnya. (H69-24)


24 pemain yang lolos:
1. Cakrawala Satria (DKI Jakarta)
2. Kennard (Jabar)
3. Faisal Firdaus (Jateng)
4. Vincent Devilito (Dumai)
5. Nuke Tri Saputra (Jateng)
6. Muhammad Reza (Jabar)
7. Eluis Mail (DKI Jakarta)
8. Rodmundus Ottu (DKI Jakarta)
9. Liem Indra (Jateng)
10. Kevin Andrew (Jateng)
11. Ricky Kartika (Bali)
12. Vincent Rivaldi (Jatim)
13. Dominico Savio (DI Yogyakarta)
14. Hans Abraham (Jabar)
15. Rafael Yogia (Jabar)
16. Bahaduri Azka (Jabar)
17. Poa Evan Purnomo (Jateng)
18. Muhammad Fikri (DKI Jakarta)
19. Felix Sanchen (Riau)
20. Kevin Anugrah (Jateng)
21. Ferdian Dwi (Banten)
22. Muhammad Haviz (Jabar)
23. Muhammad Sandy (Jabar)
24. Juan Laurent (Jabar)
(sumber : perbasi.co.id)