Test Event Asian Games 2018, Timnas Basket Indonesia Raih Emas - Perbasi DKI Jakarta

Latest

Tuesday, February 13, 2018

Test Event Asian Games 2018, Timnas Basket Indonesia Raih Emas

Jakarta - Tim nasional basket 5x5 Indonesia berhasil menjadi juara dalam ajang turnamen pemanasan (test event) Asian Games 2018, yang digelar di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 12 Februari 2018. Hal ini dipastikan setelah mereka menaklukkan India dalam partai final dengan skor 78-68.

Sejak awal pertandingan, skuad asuhan Fictor Roring itu tampil menekan. Tak diuntungkan dari segi tinggi badan tak membuat pemain Indonesia takluk. Pemain point guard, Xaverius Prawiro, mampu tampil prima dan mencetak tiga tembakan dan tiga three points.

Meski begitu, India mampu menjaga selisih poin dengan bermain menekan balik. Kuarter pertama pun mampu ditutup dengan skor 21-20.

Pada kuarter kedua, Indonesia tak menurunkan intensitas serangan. Kali ini, lewat point guard Andakara Prastawa Dhyaksa, Indonesia tampil lebih agresif. Sempat memimpin balik, India gagal membendung laju skuad Garuda. Babak pertama mampu ditutup dengan skor 39-30.


Indonesia makin tak terkejar pada babak kedua. Pada kuarter ketiga, Andakara mampu tampil impresif dan mengacaukan pertahanan India. Sepanjang pertandingan ini, Andakara mampu mencetak empat three points dan satu tembakan dua angka. Ia juga menyumbangkan tujuh assist.

Memasuki kuarter keempat, skor Indonesia nyaris terkejar. Selisih poin sempat diperkecil hingga tujuh poin oleh India. Arvind Ananduran dan kapten Yadwinder Singh tampil menekan hingga menyulitkan pertahanan Indonesia.

Namun skuad asuhan Fictor ini mampu menutup kuarter keempat dengan skor 78-68. Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan atas India dalam fase penyisihan grup.

Dengan hasil ini, tim basket Indonesia memastikan meraih emas dalam ajang kejuaraan pemanasan Asian Games 2018 ini. Tim Thailand berhak atas medali perunggu setelah berhasil menaklukkan Timor Leste 139-76 dalam pertandingan perebutan juara ketiga. (sumber : Tempo)

No comments:

Post a Comment